Halaman

Rabu, 10 Oktober 2012

Air Panas Penatahan / Yeh Panes

Air Panas Penatahan, Tabanan



Yeh Panes ialah sumber air panas yang telah ada sejak zaman penjajahan dulu. Bahkan oleh para tentara Jepang Yeh Panes ini kerap dijadikan sebagai tempat pemandian untuk menghangatkan badan. Pada sekitar tahun 1960-an di sekitar mata air panas tersebut kemudian dibangun villa-villa mewah yang diperuntukkan bagi turis yang datang. Namun karena kurangnya dana, akhirnya poyek tersebut terbengkalai dan bangkrut sampai kini.


Desain Layaknya Spa

 

Saat ini, di Bali, tempat pemandian ini menjadi satu-satunya pemandian air panas yang didesain khusus untuk spa. Setiap spa didalamnya dipisahkan oleh pagar bambu dengan masing-masing spanya dilengkapi dengan blower dan jet. Pemandian ini juga dilengkapi dengan kolam renang lengkap dengan air terjun dan juga kolam renang khusus buat anak-anak.


Berdasarkan penelitian, air panas tersebut mengandung sejumlah mineral-mineral yang berguna semisal sulfur, potasium, dan sodium. Yeh Panes merupakan kawasan wisata alam yang sangat indah dan damai serta lingkungan alamnya yang masih terlihat asri dan alami. Keadaan geografisnya yang berbukit-bukit memberikan pemandangan yang sangat indah dan mempesona.



Di sekitar Yeh panes akan sangat tampak terlihat pemandangan alam khas Bali semisal umpakan pesawahan yang bertingkat-tingkat (terasering). Keadaan tersebut akan lebih indah terutama ketika padinya sudah kelihatan mulai menguning. Sumber air panas Yeh Panes ini diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti kadas, kurap, gatal-gatal, eksim, dsb.



Lokasi

Yeh Panes berada di Desa Penataan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Yeh Panes bisa ditempuh dari Denpasar dalam 30 menit dan berjarak 41 km. Obyek wisata Yeh Panes berdekatan dengan obyek-obyek wisata Pura Batukaru, Jatiluwih, Alas Kedaton, Bedugul, Puri Kerambitan dan Pura Tanah Lot.


Selamat Berkunjung!



1 komentar:

  1. sorry sist.. kaayanya gambarnya salah nih.. utk gambar 1 bener itu yeh panas tp utk gambarr tengan dan terakhir kayana bukan krn yeh panas itu g deket ssawah tp dkt hutan dan sungai

    BalasHapus